Rabu, 27 November 2013

Bisnis Rumahan untuk Mahasiswa Bermodal Kreativitas

bisnis rumahan untuk mahasiswa
Jiwa muda harus kreatif, ini masa-masa yang penuh kesempatan untuk mengembangkan berbagai kreatifitas. Baik kreatifitas di bidang seni, hoby maupun bisnis rumahan untuk mahasiswa. Bagi para muda, masa muda saya sebut sebagai masa emas dalam berfikir. Kenapa demikian??? ya, karena saat kita sudah menginjak usia 30 tahun ke atas, semangat serta kekuatan berfikir tentunya tidak se-prima saat masih muda, atau saat masa-masa masih kuliah.

Maka masa muda di kala masih menjadi mahasiswa sebenarnya merupakan waktu terbaik untuk merencanakan serta menjalankan suatu bisnis sesuai dengan kemampuan serta kreatifitas. Pada masa tersebut, beban kita masih kecil, serta tugas kita hanya belajar sebaik mungkin di bangku kuliah, dan mental kita pun masih dalam kondisi bagus-bagusnya.

Saya tekankan untuk lebih mengasah kreatifitas di saat muda. Karena kesempatan bagus di masa muda, terkadang akan sulit kita temui di usia dewasa setelah menikah atau setelah punya anak. Lihatlah tayangan televisi pada beberapa liputan usaha kreatif yang menyorot seorang yang sudah tua, yakni usia 50 an namun mampu berkreasi dengan benda-benda seni semacam inovasi kerajinan tangan dari bahan bekas namun dengan nilai estetika atau seni serta ekonomis yang cukup tinggi.

Tentunya bagi kita yang muda harusnya jauh lebih mampu kreatif dibanding orang-orang tua kreatif tersebut. Ini adalah ungkapan kata yang mudah-mudahan mampu memprovokasi semangat para jiwa muda agar mampu memanfaatkan kreatifitasnya dalam hal berbisnis.

Dimulai dari rumah sendiri

Untuk mengasah kreatifitas, tak harus selalu ke luar jauh dari rumah, karena kita bisa memulai dari rumah sendiri. Di rumah kita mungkin ada pekarangan yang cukup luas, atau mungkin banyak sumber daya alam seperti hasil tani yang melimpah, atau mungkin kondisi lingkungan yang potensial untuk berjualan. Dari kondisi tersebutlah sebenarnya kita bisa mengasah kreatifitas kita masing-masing.

Tanpa saya contohkan mengenai apa bisnis rumahan untuk mahasiswa yang cocok, tentunya dari beberapa kondisi tersebut kita bisa ber-ide untuk mengekploitasi lingkungan kita agar bisa menjadi sebuah peluang usaha yang sebelumnya tak terpikirkan sama sekali. Alam kita sangat kaya, masyarakat kita cukup potensial daya belinya, serta aneka jasa layanan cukup dibutuhkan di banyak pemukiman. Nah.. tinggal pandai-pandainya kita membaca situasi atas kondisi di sekitar kita. Rumah, bisa menjadi tempat awal kita start atau memulai sebuah kreasi di dunia bisnis.

Kreatif yang bagaimana

Setiap orang pasti punya bakat, namun cukup jarang yang mampu kreatif. Semua bisa diasah sebaik mungkin, terutama mengarah dalam hal bisnis. Ide bisnis rumahan untuk mahasiswa tak harus original, asal ada kemauan, pasti ada banyak pintu untuk menuju kepada sebuah keberhasilan. Tinggal kita mau kreatif di bidang yang mana; dagang, jasa layanan, karya seni, atau hobby, tinggal pilih salah satu, kemudian kita pelajari lalu koreksi, kemudian kita termasuk kategori yang mana, kemudian akan mudah ketemu pashion bisnis kita di segmen yang mana.

Mudah-mudahan cukup mudah diresapi bagi para muda, khususnya para mahasiswa yang berminat untuk menginjak ranah bisnis mandiri. Salam sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.