Kamis, 14 November 2013

Jangan Bingung Saat Mencari Peluang Usaha, ini Tipsnya

mencari peluang usaha
Pusing dengan pilihan bisnis yang ada..??? jangan bingun saat mencari peluang usaha, tetapkan tekat untuk beriwirausaha mandiri sesuai keteguhan hati kita asing-masing.

Pegangan pada prinsip

Setiap orang butuh memiliki prinsip. Ya “prinsip” itulah yang saya tekankan untuk point pertama. Prinsip bisa bebas, namun perlu dipegang saat Anda sedang menuju dalam proses sukses. Dalam menentukan peluang usaha yang cocok atau tepat, tentu harus berpegang pada prinsip dan tujuan pasti. Prinsip tersebut bisa berupa, prinsip mandiri, prinsip menekuni bidang usaha sesuai bakat, serta prinsip ingin usaha apa saja asal bisa sukses.

Dengan tujuan yang matang, maka akan menjadi mudah untuk menentukan jenis peluang usaha yang Anda cari. Katakan “ya saya siap mandiri” dalam hati Anda masing-masing, agar tergerak seluruh kekuatan dalam diri Anda. Prinsip mandiri berarti siap untuk menjadi pemimpin bagi diri sendiri, menjadi bos bagi diri sendiri, dan menentukan gaji sendiri dari tingkatan semangat kerja sendiri. Prinsip sering menjadi kekuatan bagi mereka-mereka yang kini telah sukses. Dan dengan memiliki prinsip yang kuat, maka akan cukup mudah untuk menyusun kekuatan.

Pilihlah pilihan yang ada

Maksudnya adalah mencari peluang usaha yang memang benar-benar ada di depan mata dan cukup dekat dari jangkauan kita. Jangkauan yang dimaksud adalah jangkauan kemampuan modal serta skill yang kita miliki masing-masing. Pilihan kadang sudah ada di depan mata, namun sering kita menyepelekan potensinya. Misalnya pasar untuk usaha laundry di tempat Anda sedang bagus, namun usaha warnet juga masih ada prospek karena peminatnya cukup bagus.

Dari kedua pilihan contoh tersebut, mungkin kita bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan. Dalm artian, ya.. itu tai kembali kepada seberapa kemampuan kita dalam masalah modal dan keahlian di bidang tertentu. Pilihan ada banyak, namun tentunya yang dipilih hanya satu saja untuk ditekuni. Pilihan untuk jenis usaha tentunya juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang ada, yang berkaitan langsung terhadap minat beli.

Sesuaikan dengan modal Anda

Di dalam mendirikan sebuah usaha dagang, modal adalah unjung tombak penting yang harus kita pertimbangkan. Jangan takut gagal, namun harus mampu siap menghadapi berbagai hambatan-hambatan kecil hingga kegagalan yang sering bikin ciut nyali. Modal yang dipakai, tentu harus pula diikuti oleh keikhlasan hati dari pelaku usaha itu sendiri. Segala konsekwensi dari membengkaknya dana usaha, haruslah sudah siap dan benar-benar terperinci.

Namun yang penting, masing-masing kita harus mampu mengukur kemampuan modal terhadap efektifitas usaha yang dipilih. Tentunya harapan semua orang dalam merintis usaha adalah cepat kembali modal dan cepat untung. Dan ini harus sepadan dengan mencari peluang usaha yang tepat.

Nilai modal juga harus sesuai dengan kemampuan. Dan untuk membuka usaha jenis tertentu, tentunya Anda tak harus menguras semua tabungan atau pinjam ke bank dalam jumlah tinggi. Sesuaikan saja sesuai kelas, agar tidak menjadi beban berat bagi keuangan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.